About morichi

Karena terinspirasi sama salah satu kata-kata yang entah darimana asalnya yang intinya gini "Kalo kamu suka nonton, mulailah bikin video. Kalo kamu suka membaca, mulailah menulis. Jangan cuma jadi penikmat, tapi cobalah jadi pencipta."


Semoga blog ini bermanfaat buat yang baca :)

Senin, 01 Januari 2018

[Curhat Olshop] Pengalaman dengan Customer yang Cukup Ribet

Halo, berhubung online shop yang aku punya ini udah jalan cukup lama, tepatnya sejak 2014 ya jadi udah teramat sangat banyak suka dukanya yang terjadi haha
Jadi kali ini aku punya salah satu pengalaman menarik yang mau aku share, yaitu kedapetan customer anak SD yang lumayan ribet dan bertele-tele sekali. Ngga cuma ga punya rekening, tapi jujur aja ya diperlukan kesabaran ekstra untuk menghadapinya :p
Berikut screenshot chat dari awal mula percakapan sampai ke akhirnya.

1. Pada awalnya dia chat ke whatsapp, dan aku masih belum ngeh kalau ternyata dia ini masih SD. Karna belum stalking instagramnya jadi belum tau asal-usulnya haha


2. Disini udah mulai tampak kalau ternyata dia suka nge-spam dan nggak sabaran



Sampe sini udah rada males ladeninnya karena udah ada kalimat sakti pembeli yaitu "nanti aku kabarin lagi ya kalo jadi" 
HAHA! Buat para seller pasti udah bosen nih sama kalimat ini yang ujung-ujungnya mereka menghilang entah kemana :p
Pernah juga aku follow up yang akhirnya malah diblock hiks
Tapi ya jangan baper baru gitu doang, masih banyak pembeli lainnya kok hehe

4. Spamers mulai beraksi. Liat aja ini udah minta jangan mahal-mahal, eh dispam pula. Ini dia voice call dan spam huruf P gitu sampe puluhan kali sis totalnya.. haduh #bantinghp 




Wew murah ya dek, mantap deh.
Kalo inget jaman gue SD, 17rb itu mahal bro :p ahahaaha
Ngga banyak duit kayak si adek ini~

5. Makasih ya udah spam sampe puluhan kali lalu sekarang dispam lagi dengan typo-mu :)


6. Iya kak gapapa, aku udah biasa kok ditanyain dan dispam gini :") haha


7. Kira-kira bakal jawab apa nih kalo dichat gini? 
Cara bayar dan cara terima barangnya gimana kak?


8. Yak, mari kita jelaskan~


9. Bayar orderan di marketplace via kantor pos itu pake alamat, no rek, atau kode pos?



Padahal sebenernya aku baru kirim hasil preview ketika customer udah transfer. Tapi buat kamu apa sih yang ngga dek :D
Mumpung dia request designnya juga ga susah jadi aku bikinin dulu aja.


10. Untuk pengisian alamatnya pun harus aku contohin juga ya? Oke ga masalah, buat kamu apa sih yang ngga dek :D




11. Dia spam ini sampe 35 chat, cuma manggil "kak"...









Sabar atuh kak, nangis nih T.T #nyalainshower

12. Dan ini dia taraaaaa! Sampe emaknya pun ikut turun tangan balesin chatnya :p haha
Alamat yang si adek kasih diatas itu ternyata salah, dibenerin ini sama emaknya. Haduh dek, untung belum dikirim ya barangnya, kacau deh kalo paketnya nyasar :(


Oh ternyata dek wina baru pertama kali belanja online toh. Cool!




Iya gapapa aku tungguin, semangat bantuin mama ya dek :)


13. Dan akhirnya selesai juga transaksi ini, diakhiri dengan transferan yang masuk. Makasih banyak loh dek, kamu sangat menghargai usahaku :") haha



14. Makasih banyak! Akhirnya dia mencoba untuk merekomendasikan ke teman-temannya :D


Oh iya ngga cuma sampe sini aja loh, dia juga mempromosikan daganganku ke instagramnya hihi
Baik juga kamu dek, makasih ya <3




Melalui kisah ini yang mau aku share adalah kalo ternyata ngga semua anak kecil yang nyasar ke olshop kita itu ngga serius beli atau cuma nanya-nanya doang. Bisa jadi mereka mau beli tapi ngga tau caranya, sama seperti kasus diatas. Tetep layanin dengan sabar, kalo berjodoh ya berujung closing kan. Bahkan direkomendasikan lagi ke teman-teman lainnya :)

Ini bukan yang pertama kalinya, sebelum-sebelumnya udah banyak banget customer yang datang dan menghilang begitu saja tanpa kabar, apalagi yang bocah. Cuma ya jangan baper dan jangan langsung beranggapan "semua customer bocah itu sama aja" :p

Yang kedua adalah menurutku dia ini termasuk salah satu anak generasi jaman now yang cukup gigih. Bisa diliat dia berusaha banget ngejer informasi untuk belajar cara belanja online. Dia nanya A sampe Z, bahkan dia itu sampe bolak-balik dari rumah-kantor pos-alfamart-rumah-alfamart lagi cuma untuk ngurusin pembayaran aja. Jadi jangan mau kalah ya sama anak kecil yang bersemangat banget untuk belajar :D

Lalu yang terakhir, coba jangan beda-bedain customer, layanin mereka sama layaknya seperti customer lain yang serius mau mengorder barang. Dan yang paling penting adalah tetap sabar dan berikan pelayanan sebaik mungkin sehingga dia nyaman dan melakukan repeat order dalam jumlah yang lebih banyak.
Good luck !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar